Header Ads

Tanaman di Kebumen Terancam Diserang Hama



JATENGNEWS.CO.ID, PERTANIAN - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu lalu di Kabupaten Kebumen mengakibatkan ratusan hektar lahan persawahan warga desa terendam banjir. Hal ini menjadi perhatian serius Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen untuk mengantisipasi munculnya berbagai penyakit dan hama tanaman yang dapat menurunkan produktifitas padi pada musim tanam satu tahun ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen, Puji Rahayu mengatakan, pihaknya telah meminta kepada jajarannya untuk segera mendata jumlah hektar sawah yang terendam banjir dan diduga puso agar bisa diatasi secepat mungkin.

Dari hasil pendataan sampai hari ini sekitar 8000-an hektar sawah terendam banjir di ratusan desa. Sedangkan yang dan diduga puso mencapai sekitar 1700-ah hektar.

"Namun angka ini tidak terlalu signifikan penurunannya jija dibandingkan surplus padi kita setiap tahunnya mencapai 200 ribu ton. Kendati demikian, yang terkena puso kita akan minta vantuan benih kepada penerintah pusat untuk ditanam kembali. Kami sudah koordinasikan juga hal ini kepada petani untuk kembali menanam," ungkap Ir.Puji Rahayu.

Ir.Puji Rahayu juga menambahkan, sebagai bentuk kepedulian Distapang terhadap warga petani yang tertimpa musibah banjir, Distapang telah memberikan bantuan beras untuk meringankan beban hidupnya. "Bantuan beras sebanyak 15 kg/KK dan ini kami serahkan untuk 7.400-an kepala keluarga dari beberapa kecamatan yang terkena musibah banjir. Semoga bantuan ini memberikan banyak manfaat dan dapat meringankan beban derita masyarakat petani," kata Ir.Puji. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.