Header Ads

Ketika Pegawai Blora Membeli Cabai di Sawah



JATENGNEWS.CO.ID, PEMERINTAHAN - Para petani cabai di Desa Purwerejo, Kabupaten Blora hari itu beruntung karena hasil pertaniannya diborong oleh sejumlah ibu - ibu dari Pemkab Blora yang datang ke langsung ke petani.

Menurut Bupati Blora, Djoko Nugroho, aksi beli cabai langsung ke petani sebagai tindaklanjut dari arahan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Arahan tersebut dilakukan Ganjar dalam bentuk surat edaran yang dikirimkan ke kabupaten dan kota.

"Menindaklanjuti edaran Gubernur dan arahan Bupati Djoko Nugroho tentang penyelamatan harga cabai petani, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora bersama Dandim  0721 Blora mendampingi Persit Kodim 0721/Blora dan Persit Yonif 410/Alugoro membeli cabai langsung ke petani di Desa Purworejo pada hari Jumat dan Sabtu (18-19/1/2019) lalu," tulis akun resmi Humas Pemkab Blora di instagram.

Pemkab Blora mengklaim bahwa pihaknya juga telah membeli 200 kg untuk seluruh pegawai dengan harga Rp 14.000 per kilogram. Pembelian para pegawai di Pemkab Blora tersebut dinilai akan menguntungkan para petani karena harganya lebih tinggi ketimbang harga tengkulak yang rendah hanya berkisar Rp 8.000 - Rp 9.000 per kilogram nya.

"Petania kita jelas akan diuntungkan dengan kegiatan ini karena harganya lebih tinggi dari tengkukal," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora,  Reni Miharti Menurutnya kegiatan yang sama juga akan berlanjut dilakukan oleh OPD se Kabupaten Blora dalam rangka penyelamatan harga cabai petani. (DBS/KNT)
-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.