Header Ads

Kaum Urban Kaum Jawa Dalam Visual


JATENGNEWS.CO.ID, GAYA HIDUP - Perkembangan komunikasi seakan tanpa batas pada abad ke-21 ini berpengaruh di setiap sendi kehidupan. Khususnya pada budaya yang sudah ada di tengah masyarakat, yang berdampak pada pemunculan budaya-budaya baru. 

Seperti karya visual dari Tentrem, yang mempresentasikan urban culture dalam bidikan lensanya. Menyajikan dalam tiga frame berbeda, mengangkat masyarakat Jawa yang terpengaruh budaya perkotaan sebagai suatu style yang dianggap modern. “Foto di frame pertama ini kami mencoba memvisualkan akulturasi orang Jawa yang melakukan adat orang barat. Yakni menyantap pizza, hamburger, coca cola, wine yang notabene produk negara asing bersama-sama di meja makan. 

Nah, makan bersama ini menggambarkan kenduri yang merupakan mekanisme sosial untuk merawat dan menjaga kebersamaan,” jelas salah satu anggota Tentrem, Amir Budianto saat ditemui Timlo.net disela-sela pameran Solo Photography Festival #3 yang digelar di Muara Market, Banjarsari, Solo pada Senin (7/11) malam.

Tentrem beranggotakan lima mahasiswa Program Studi Fotografi FSRD ISI Surakara, Amir Budianto, Fikri Kariri, Raka Siwi Sudibyo, Feri Arifianto, Catur Himawan, dan Bimo Wisnu Atmojo. Mereka menyajikan keseruan permainan Nintendo yang dimainkan dua model yang kental dengan budaya Jawa, lantaran menggunakan kostum lurik serta blangkon.

“Foto ketiga menceritakan masyarakat kita ini mau nggak mau dipengaruhi dengan hadirnya mall ditengah-tengah pasar tradisional,” kata dia. Frame ketiga ini membidik lima orang pemuda mengendarai troli yang biasanya digunakan untuk berbelanja di mall yang dijajarkan menyerupai kereta. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.